• Jln. Pasir Kandang No. 4, Koto Tangah Padang

  • Contact Person +62 823-8775-9073

  • Email lpim@umsb.ac.id


AKSELERASI DAN WORKSHOP AIK SESUAI AMI

FOTO BERSAMA PESERTA AKSELERASI DAN WORKSHOP AIK SESUAI AMI

Lembaga Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyah (LPIM) UM Sumatera Barat – mengadakan kegiatan Akselerasi dan Workshop Aik sesuai AMI, pada Kamis, 15 Maret 2023 di Convention Hall Prof.Dr.Ahmad Syafi’i Maarif. MA

Kegiatan akselerasi dan workshop AIK diadakan dua sesi yaitu sesi pertama akselerasi yangdi ikuti oleh ketua lembaga, direktur pascasarjana, dekan, kaprodi,dosen AIK, kabag keuangan dan kabag akademik di lingkunggan universitas muhammadiyah sumatera barat. Sesi kedua acara workshop AIK sesuai AMI yang diikuti seluruh dosen AIK di lingkungan Universitas Muhammadiyah sumatera barat.

Pada sesi pertama Bapak Drs.Marhadi Efendi, M.Si Sekretaris BPH UM Sumatera Barat mengatakan Akselerasi dalam pembinaan AIK di Perguruan Tinggi Prasayarat Mutlak untuk terwujudnya tujuan yang di capai. Tujuan pembinaan AIK akan bisa terwujud jika dilakukan secara bersama-sama oleh pemangku kepentingan.

Sesi pertama juga di sampingi oleh ketua LPIM Dr. Ahmad Lahmi, sekretaris LPIM Syamsurizal, S.H.I. M.Ag DAN KOORDINATOR bidang kampus islami LPIM Hendri Novigator, S.Psi.I,. M.Pd.

Dalam kesempatan ini LPIM membuka diri dan menerima masukan dari para peserta agar kinerja LPIM lebih baik lagi. Diantaranya agar LPIM membuat pedoman atau panduan standar pembinaan AIK di tingkat fakultas agar semua fakultas memiliki standar mutu yang sama untuk diterapakan agar tidak terjadi ketimpangan.

Sementara itu sesi kedua dibuka pada pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Sesuai aturan AMI Worskshop AIK hanya diikuti pesertanya dari dosen AIK di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang di  dipimpin oleh koordinator bidang kajian LPIM Dr. Ilham, MA dan Dr. Syaflin Halim, MA di bidang pengembangan SDM LPIM yang mengahasikan:

  1. Memasukan 4 item dalam presentasi hari yaitu 20 % dan kurikulum berkoordinasi dengan bagian akademik untuk memasukan bidang BTQ, bidang Ibadah, bidang Pakaia, bidang Akhlak kedalam batas kuliah dosen di siak
  2. Dosen AIK IV Prodi di dampingi oleh LPIM karna materi AIK berkasitan dengan materi prodi.
  3. Untuk menciptakan Kampus Islami universitas muhammadiyah sumatera barat sosialisasikan standar pakaian yang harus di gunakan baik dosen karyawan dan mahasiswa harus menggunakan SK rektor, audiovisual dan aturan tertulis
  4. hari Bermuhammadiyah dilaksanakan hari Jumat perkuliahan pada jam 13.30
  5. Rekomendasi ke senat Sertifikat BA middle
  6. Rekomendasi Menyediakan bidang AIK dalam penelitian 30%